A-Dolcezza

Banyak orang berpendapat bahwa kedewasaan sering dikaitkan dengan umur seseorang. Seseorang yang telah berumur 17 th atau 20 th ke atas sering dikatakan dewasa dan memiliki sifat dewasa (kedewasaan).
Sehingga, banyak orang berpendapat bahwa kedewasaan tersebut hanya dilihat dari segi umur bukan dari cara berfikir.

Secara fisik memang dewasa tetapi apakah kedewasaan tersebut juga dimiliki ?

Apakah umur yang dewasa dapat diartikan sama dengan kedewasaan?

Tetapi menurut saya seorang gadis kecil yang mulai tumbuh menjadi remaja, kedewasaan tersebut bukan berarti hanya dimiliki seserang yang telah berumur 17 th atau 20 th ke atas. Kedewasaan bahkan bisa dimiliki seorang remaja yang bagi orang dewasa masih dianggap anak kecil dan bertingkah tanpa berfikir panjang. Tetapi remaja juga bisa bersikap dewasa bahkan bisa lebih dewasa dari seseorang yang telah berumur dewasa, asalkan remaja mampu berfikir dengan bijak dan dapat menekan keegoisannya.

Remaja mampu berfikir dewasa dan bersikap dewasa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya organisasi- organisasi remaja yang tumbuh dan berkembang di lingkungan kita, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Organisasi- organisasi remaja tersebut diantaranya seperti: Pramuka, PMR, PKS, KIR, Club Mading Sekolah, Tim Kreasi Majalah Sekolah, serta Karang Taruna dan masih banyak organisasi- organisasi remaja lainnya.

Organisasi- organisasi remaja ini dapat menjadi cerminan bahwa remaja bersikap dewasa, karena di organisasi- organisasi tersebut remaja akan dilatih disiplin, bertanggung jawab, setia kawan, kemandirian, serta sikap kepemimpinan yang sangat menunjang proses pedewasaan remaja.

Melalui organisasi- organisasi remaja tersebut remaja dapat berkarya dan berkreasi. Dengan hasil karya tersebut dapat menjadi bukti bahwa remaja tidak hanya bersikap kekanak- kanakkan tetapi juga dapat bersikap dan berfikir dewasa.

Kedewasaan dapat ditumbuhkan pada setiap pribadi remaja selain dengan mengikuti organisasi- organisasi remaja dapat dengan adanya proses pendewasaan yang ditanamkan oleh orang tua atau guru di sekolah. Proses pendewasaan tersebut diantaranya seperti mengajarkan remaja untuk hidup sederhana dan bergaul dengan semua teman tanpa membedakan karena materi.

Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa, kedewasaan adalah sifat yang dimiliki seseorang dalam hal atau keadaan dewasa sehingga, mampu melakukan perbuatan serta menyelesaikan masalah dengan bijak disertai pertimbangan yang matang bukan dengan keegoisan. Dapat berfikir dan bersikap dewasa adalah inti dari kedewasaan tersebut.
Kedewasaan bukan hanya diukur dari segi umur tetapi diukur dari cara berfikir dan sikap yang ditunjukkan dalam melakukan setiap perbuatan yang dilakukan seseorang.

Dan, bahkan jika remaja bisa melakukan seperti hal diatas remaja juga memiliki kedewasaan tersebut.

Categories:

Leave a Reply